Rabu, 31 Oktober 2012

Lingkungan

Lingkungan adalah kondisi fisik yang mencakup sumber daya alam, serta flora fauna yang di atas tanah maupun di dalam tanah. Namun hal yang terjadi saat ini, manusia adalah penyebab utama dari kerusakan lingkungan tersebut. Akibat dari pencemaran lingkungan tersebut, lapisan ozon menjadi lebih tipis, hal tersebut akan menyebabkan bumi menjadi panas atau terjadinya global warming yang menjadikan lingkungan tidak sabil. Dampak lain dari kerusakan lingkungan akan menyebabkan banjir, tanah longsor, polusi udara dan masih banyak hal lain yang dapat terjadi. Lingkungan akan menjadi rusak dan kita akan sulit mempertahankan hidup jika keadaan lingkungan telah rusak.
Penyelamatan lingkungan dapat dilakukan melalui pertanian dimulai dari hal-hal kecil seperti dengan memanfaatkan lahan sempit yang ada disekeliling rumah untuk dijadikan lahan bercocok tanam oleh para ibu rumah tangga, memanfaatkan lahan yang ada untuk dijadikan resapan air, resapan air tersebut dapat menjadi cadangan air jika musin kemarau datang. Pemanfaatan sampah organik untuk dijadikan pupuk kompos juga akan mengurangi kerusakan lingkungan yang ada, karena pembuatan pupuk ini akan mengurangi jumlah sampah yang ada di lingkungan, melakukan reboisasi atau penghijauan kembali serta meningkatkan sumber daya manusia yang ada agar manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana dan menjaga lingkungan yang telah ada.  Hal lain yang dilakukan untuk penyelamatan lingkungan dengan pertanian adalah dengan cara :
  1. Memberikan penyuluhan kepada petani cara bertani tanpa merusak lingkungan.
  2. Tidak menggunakan peptisida dan pupuk kimia berlebihan, karena bisa menimbulkan hilangnya unsur hara didalam tanah
  3. Membuat teknologi pertanian yang ramah lingkungan
  4. Tidak mengalih fungsikan hutan menjadi lahan pertanian yang baru
Manusia berkewajiban untuk menjaga keseimbangan alam, tidak merusaknya, menjaga selalu kelestariaanya agar tetap sehat dan nyaman. Agar sumber daya alam yang ada dapat dinikmati oleh generasi mendatang. Oleh karena itu, penyelamatan lingkungan harus dimulai dari sekarang juga, agar kerusakan lingkungan tidak semakin meluas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar